Penting! Ini 5 Manfaat USG 4D Untuk Ibu dan Janin

June 23, 2021 by No Comments

USG 4D merupakan teknologi pencitraan paling modern untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan. Karena merupakan generasi terbaru, USG tipe ini menawarkan segudang manfaat. Terutama untuk kehamilan yang berisiko tinggi, memilih USG tipe ini jelas sangat disarankan. Dibanding USG 2D atau 3D yang hanya mampu menampilkan gambar diam, USG generasi terbaru ini mampu menyajikan citra yang lebih mendetail dengan gambar bergerak.

Ibu hamil tentu akan diuntungkan dengan penggunaan USG tipe ini karena bisa melihat pergerakan bayi secara langsung, sementara dokter memanfaatkannya untuk keperluan asesmen perkembangan janin.

1. Mengetahui Ketidaksempurnaan Bayi

Pemeriksaan USG sangat membantu dalam mengetahui kekurangan yang ada pada janin. Dalam beberapa kasus, pertumbuhan anggota tubuh janin kadang tidak sempurna seperti pada jari tangan dan kaki, telinga, mulut, dan bagian lainnya.

USG 4D juga bisa membantu melihat cacat pada bagian langit-langit mulut, termasuk mendeteksi Down syndrome dan Patau syndrome. Dalam hal ini, manfaat USG 4G bisa digunakan sebagai alat konfirmasi terhadap kemungkinan terjadinya kecacatan sejak lahir.

2. Mengetahui Perilaku Janin

Mulai usia kehamilan 15 minggu, janin sudah menunjukkan beberapa perilaku. Lewat pemeriksaan USG, pergerakan di area mulut dan mata seperti membuka dan menutup sudah bisa terlihat. Bahkan ekspresi wajah juga bisa dilihat dengan memanfaatkan USG 4D.

3. Mengetahui Pergerakan Janin

Lewat pemeriksaan USG 4D, semua pergerakan janin bisa dicermati dengan detail. Tentu akan sangat menyenangkan bagi ibu hamil untuk melihat pergerakan janin yang dikandungnya secara langsung. Dari sini, tingkat keaktifan janin bisa diamati.

Pergerakan kaki yang sedang menendang perut atau tangan yang mencoba aktif berkomunikasi, semua dapat diamati langsung mulai awal trimester kedua. Memang USG 2D dan 3D juga bisa memberi gambaran yang sama, tapi itu tidak mendetail dan sejelas USG 4D.

4. Mengetahui Kondisi Organ Dalam

Tak hanya mampu mendeteksi anggota tubuh bagian luar, USG tipe ini juga mampu melihat ke bagian dalam tubuh janin. Tak jarang beberapa bayi mengalami kelainan jantung, pembuluh darah tak sempurna, ketidaksempurnaan volume jantung, dan sebagainya.

Skrining organ bagian dalam akan sangat berguna bagi dokter dalam menentukan jenis perawatan seperti apa yang akan diberikan. Sementara untuk ibu hamil, USG generasi terbaru ini bisa memberi gambaran jelas tentang struktur muka bayi dan bagian lainnya.

5. Mengetahui Kondisi Rahim

USG 4D tak hanya menampilkan kondisi kesehatan bayi, tapi juga bagaimana kondisi rahim ibu hamil. Kelainan yang terjadi di sekitar area rahim, panggul ibu hamil, dan jalan lahir juga bisa dicermati. Dari sini, dokter kemudian bisa memberi penilaian terhadap jenis tindakan seperti apa yang diperlukan.

Tentu masih ada banyak manfaat lain yang ditawarkan pemeriksaan USD, terutama untuk ibu dan bayi. Anda ingin mengetahui manfaat USG 4D untuk memantau tumbuh kembang bayi? Segera cek di sini!