Menjilid Lebih Cepat dan Untung Lebih Banyak dengan Mesin Lem Panas

June 30, 2021 by No Comments

Teknologi buku digital atau ebook tidak sepenuhnya mematikan eksistensi buku cetak. Dalam beberapa situasi, membaca dari buku cetak dinilai lebih menyenangkan dan lebih mudah diresapi. Di sisi lain, masih adanya tugas makalah, skripsi dan laporan ilmiah membuat dunia akademisi juga masih belum sepenuhnya bisa mengadopsi konsep paperless. Karena alasan inilah, bisnis digital printing dengan mesin lem panas yang dimiliki masih memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang.

Mengenal Fungsi Mesin Lem Panas

Dunia percetakan mengenal beberapa jenis penjilidan. Sedikitnya ada beberapa jenis penjilidan yang populer di pasaran. Sebut saja seperti jilid jahit, jilid spiral dan jilid lem panas. Agar proses penjilidan lebih efektif, dibuatlah mesin jilid untuk mengakomodir tugas tersebut, seperti mesin lem panas dan mesin jilid lainnya.

Jilid lem panas sendiri tergolong sebagai salah satu jenis penjilidan yang banyak digunakan. Dibandingkan dengan jilid lem biasa, jilid menggunakan mesin jilid lem panas jauh lebih mudah. Lem panas juga kering lebih cepat. Hanya butuh waktu sekitar 2 jam agar lem kering sepenuhnya.

Mesin lem panas adalah mesin yang dirancang untuk memudahkan proses jilid lem panas. Sebagai informasi, lem panas tergolong sebagai jilid perfect binding. Jilid lem panas ini banyak digunakan dalam penjilidan buku-buku tebal. Karena opsi jilid buku tebal masih terbatas, layanan jilid lem panas pun masih banyak diminati oleh masyarakat.

Keunggulan Mesin Lem Panas

Menjilid buku dengan ketebalan mencapai ratusan halaman pada dasarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk jilid lem sendiri, ada jenis jilid lem biasa dan jilid lem panas. Jilid lem biasa mungkin lebih murah. Namun ada beberapa alasan kenapa jilid lem panas relatif lebih sering digunakan.

1. Bentuk Buku Lebih Menarik

Buku yang dijilid dengan mesin jilid lem panas memiliki bentuk yang relatif lebih menarik. Prosesnya jilidnya lebih cepat. Selain itu, hasil jilidnya lebih rapi, terlebih jika dibandingkan dengan jilid lem biasa.

2. Memiliki Kekuatan Jilid yang Kuat

Mesin jilid lem panas memungkinkan pengaplikasian lem panas yang lebih merata. Setiap lembar kertas menempel dengan sempurna. Karenanya, kekuatan jilidannya juga lebih kuat. Hal tersebut juga berdampak pada daya tahan jilidan yang lebih lama.

3. Punggung Buku Dapat Diberi Tulisan

Menjilid dengan mesin lem panas tidak hanya memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cepat dan efektif. Permukaan punggung buku hasil jilid lem panas yang rata juga memungkinkan Anda untuk membubuhkan tulisan di atasnya, seperti judul buku, nama pengarang dan nama penerbit.

Potensi Keuntungan Bisnis Jilid Lem Panas

Hingga saat ini, kebutuhan akan jilid lem panas masih terbilang tinggi. Pasarnya juga cukup luas. Selain penulis buku, pelajar, mahasiswa, dosen dan peneliti juga masih sering menggunakan jasa percetakan dan penjilidan. Dengan memiliki mesin jilid lem panas, Anda pun berkesempatan untuk menuai keuntungan dari sini.

Mesin lem panas kini juga semakin mudah didapatkan. Anda bisa menemukan beragam pilihan mesin lem panas di Maxipro. Selain menyediakan mesin jilid, Maxipro juga menyediakan berbagai kebutuhan percetakan, seperti lem panas dan bahan-bahan lainnya.