Fungsi Backlink untuk Website dan Jenisnya

Pada dasarnya, fungsi backlink untuk website adalah untuk meningkatkan trafik website. Agar bisa maksimal, maka Anda perlu menempatkan backlink di website yang tepat.

Setidaknya, website tersebut memiliki DA/PA yang tinggi. Bagaimana jika DA/PA rendah? Anda tetap bisa meninggalkan backlink. Namun, backlink yang digunakan adalah backlink nofollow.

Jika backlink dofollow dan nofollow tepat, maka Anda akan mendapatkan manfaat backlink berikut ini:

  1. Muncul di halaman pertama pencarian.
  2. Memiliki trafik website yang tinggi.
  3. Website terpercaya dan kredibel.
  4. Website dikenal oleh banyak orang dan dijadikan sumber.
  5. Jika Anda membangun website berupa toko online, bisa membantu meningkatkan penjualan.

Jenis Backlink yang Bisa Diaplikasikan

Agar fungsi backlink untuk website bisa maksimal, maka Anda perlu menerapkan cara yang tepat. Mulai dari memperbaiki konten website hingga memilih jenis backlink yang digunakan.

Fungsi Backlink untuk Website dan Jenisnya

Fungsi Backlink untuk Website dan Jenisnya

Berdasarkan pada cara penempatannya, setidaknya ada 5 jenis backlink seperti berikut ini:

  • Social Media Backlink

Social media backlink merupakan backlink yang menggunakan sosial media sebagai platformnya. Cara penempatan backlink ini sama seperti sharing link website saja.

Apakah efektif? Cukup efektif mengingat saat ini banyak orang yang memiliki dan menggunakan sosial media.

Namun, Anda perlu jeli untuk menggunakan sosial media. ini karena ada sosial media yang hanya bisa digunakan untuk backlink nofollow. Jadi, link yang Anda tinggalkan hanya bisa dilihat dan tidak bisa diklik.

  • Footer Backlink

Footer backlink merupakan backlink yang ditempatkan di bagian footer pada website. Cara ini cukup efektif jika yang Anda optimalkan hanya 1 backlink. Maka dari itu, banyak jasa pbn yang kemudian menggunakan backlink ini.

Sayangnya, footer backlink tidak bisa digunakan dengan efektif untuk banyak backlink. Jadi, pertimbangkan dulu penggunaan footer backlink untuk website Anda ya.

  • Guestbook Backlink

Jenis guestbook backlink biasanya ditempatkan di halaman guestbook atau contact us. Lagi-lagi, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan guestbook backlink.

Kenapa? karena ketika link di bagian guestbook atau contact es sudah terlalu banyak, maka akan dianggap spam. Akhirnya, backlink yang ditinggalkan akan menurun kualitasnya. Ujung-ujungnya, kualitas website Anda juga akan menurun.

  • Image Sharing Backlink

Ketika Anda memiliki gambar yang Anda sendiri, misalnya fotografi, maka Anda bisa menggunakannya untuk image sharing backlink.

Cara meninggalkan backlink ini hanya bisa dilakukan saat Anda mengunggah website ke situs image sharing. Di bagian deskripsi gambar, Anda bisa menyisipkan link yang mengarah ke website Anda.

  • Document Sharing Backlink

Pada dasarnya, document sharing backlink ini sama seperti image sharing backlink. Bedanya, Anda hanya perlu menempatkan link di dokumen yang Anda buat. Setelah itu, unggah dokumennya di situs penampung dokumen.

Dengan cara tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan backlink dan fungsi backlink untuk website bisa diperoleh. Selamat mencoba!