Tips Membuat Logo Perusahaan : Langkah Awal yang Tidak Boleh Dilewatkan

October 27, 2020 by No Comments

Dalam dunia bisnis, logo adalah identitas utama sebuah perusahaan. Logo yang baik akan langsung mengarahkan benak kita ke nama perusahaan atau produk tertentu. Tips membuat logo perusahaan yang kami sajikan akan membantu Anda untuk meraih target branding yang maksimal.

Kenapa logo begitu penting? Pertama, logo adalah wajah perusahaan yang menjadi tanda pengenal bisnis Anda. Tidak hanya sebatas nama dan produk, logo juga merepresentasikan visi dan misi perusahaan. Karena itulah logo selalu dimuat di hampir seluruh publikasi bisnis.

Berikut kami sajikan tahap awal pembuatan konsep logo yang efektif untuk perusahaan.

 

Tips Membuat Logo Perusahaan dari Langkah Pertama

 

  • Tentukan Identitas Brand

Karena logo merupakan representasi bisnis, maka tips membuat logo perusahaan yang pertama adalah memahami identitas brand Anda terlebih dahulu. Produk apa yang Anda jual? Bagaimana Anda memberikan solusi pada masyarakat lewat produk Anda? Impact apa yang bisa Anda berikan pada masyarakat? Semua itu harus Anda pikirkan lebih dulu.

Bagaimana mungkin Anda bisa membuat logo yang representatif kalau Anda sendiri belum memahami apa yang ingin Anda representasikan? Jika Anda sudah memahami identitas brand, barulah Anda bisa melanjutkan ke tahap pembuatan logo.

 

  • Cari Inspirasi

Setelah menentukan identitas brand, carilah inspirasi tentang desain yang relevan dengan identitas tersebut. Anda bisa mencari tips membuat logo perusahaan sesuai sektor bisnis yang Anda jalankan. Berbagai website pun menyediakan contoh desain logo yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Atau, Anda juga bisa melihat portofolio jasa desain logo yang sudah kredibel dalam menangani klien-klien besar.

Jangan terburu-buru dalam mencari inspirasi. Kami sarankan untuk meminta saran dan pendapat dari pihak-pihak yang kompeten di bidang desain dan branding. Fran blog merupakan salah satu rekomendasi terbaik kami untuk mencari informasi terkait logo dan branding. Terus gali inspirasi dari berbagai sumber. Keep hunting!

 

  • Buat Beberapa Konsep Desain

Dari inspirasi yang sudah Anda kumpulkan, tips membuat logo perusahaan yang selanjutnya adalah menyiapkan beberapa konsep desain. Langkah ini penting agar Anda tidak hanya terpaku pada satu opsi saja. Buatlah beberapa rencana logo agar Anda bisa membandingkan satu sama lain dan memilih yang terbaik untuk Anda gunakan.

Mintalah pendapat dari tim Anda, konsumen, desainer profesional, dan dari pihak-pihak lain terkait konsep logo yang sudah Anda siapkan. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menilai konsep logo Anda dari perspektif orang lain. Ingat, logo Anda harus mendapat tempat di hati masyarakat, bukan hanya di hati Anda sendiri. Jadi mintalah saran dari orang lain untuk menyempurnakan konsep logo Anda.

 

Eksekusi Konsep Logo Terbaik sebagai Identitas Brand

Jika Anda sudah mendapatkan satu konsep logo yang terbaik, letakkan konsep yang lain dan fokuslah pada satu konsep itu. Sempurnakan desain logo Anda agar memenuhi unsur-unsur logo yang baik. Jika Anda sudah benar-benar yakin, maka tahap akhir mempublikasikan dan menyebarluaskan logo baru Anda.

Setelah sampai pada tahap ini, tidak ada jalan untuk putar balik. Mengganti logo sama saja dengan mengulang branding dari nol. Jadi pastikan Anda mengikuti tips membuat logo perusahaan di atas agar hasilnya benar-benar matang dan siap untuk dipublikasikan.