Penempatan Logo yang Benar untuk Branding dan Promosi

November 11, 2020 by No Comments

Banyak orang yang sudah mempelajari tips membuat logo perusahaan. Sayangnya, tidak banyak yang memahami teknik penempatan logo yang benar untuk menunjang branding dan promosi. Padahal, penempatan yang tepat sangatlah penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi marketing Anda. Secantik apa pun logo Anda, jika tidak diletakkan pada posisi dan ukuran yang tepat, fungsi dan manfaatnya tidak akan Anda rasakan.

Mengetahui posisi ideal untuk sebuah logo memang sangat penting. Apa lagi di atas media yang memuat banyak informasi. Tanpa penempatan yang tepat, bisa-bisa logo Anda tenggelam dan tidak ditemukan di tengah informasi-informasi yang lebih mendominasi. Bukankah logo harus selalu diperlihatkan dan ditonjolkan di setiap media pemasaran?

 

Tips Penempatan Logo yang Benar

  • Utamakan Sisi Kiri

Secara psikologis, penempatan logo yang benar adalah di sisi kiri-atas. Orang-orang umumnya memperhatikan dan membaca informasi dengan urutan yang dimulai dari pojok kiri-atas. Walaupun hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang berorientasi dari kanan ke kiri, misalnya pada orang-orang kidal dan penduduk Jepang. Mayoritas orang di seluruh dunia tetap berorientasi dari kiri ke kanan, maka inilah yang harus kita utamakan.

Logo harus ditempatkan di sisi kiri agar menjadi elemen pertama yang diperhatikan. Bila memungkinkan, letakkan di bagian atas karena orientasi vertikal mayoritas orang adalah dari atas ke bawah. Menempatkan logo di sisi kiri atas sangat ideal untuk memaksimalkan promosi dan branding melalui logo.

 

  • Beri Jarak dari Elemen Lain

Penempatan logo yang benar juga harus memperhitungkan jarak antar elemen. Logo tidak boleh terlalu dekat dengan elemen lain agar mudah dikenali dan terkesan dominan di atas media. Berikan jarak berupa ruang kosong yang ideal dari elemen lain agar logo Anda terlihat kuat dan menarik perhatian masyarakat untuk memperhatikannya.

Logo yang terlalu dekat dengan elemen lain akan kehilangan kekuatannya. Logo akan tenggelam dan menyatu dengan bagian-bagian lain sehingga fungsinya sebagai identitas perusahaan tidak akan maksimal. Jadi, atur ukuran elemen lain agar cukup untuk diletakkan dengan jarak yang ideal dari logo Anda.

 

  • Berikan Penekanan

Sebagai identitas utama, penempatan logo yang benar harus diberikan penekanan dan titik berat yang lebih. Penekanan bisa berupa ukuran yang lebih besar, pemberian highlight, atau jarak ideal seperti pada poin dua di atas. Intinya, logo harus disendirikan dan ditonjolkan dari elemen-elemen lain.

Penekanan bertujuan agar masyarakat melihat logo pertama kali sebelum melihat elemen yang lain. Jadi, sebelum masyarakat membaca informasi yang ingin Anda sampaikan, tunjukkan dulu siapa diri Anda pada mereka lewat logo perusahaan. Inilah tujuan dari penekanan pada logo di atas media.

 

Logo yang Tepat di Tempat yang Tepat

Logo harus didesain dengan menarik dan memenuhi kriteria logo yang baik dan benar. Semua orang sepakat dengan hal itu. Lebih jauh, logo juga harus mendapatkan penempatan yang tepat sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Tiga poin di atas harus selalu Anda pertimbangkan dalam menempatkan logo di atas media. Jadi, pastikan bahwa Anda selalu mengutamakan penempatan logo yang benar untuk memaksimalkan hasil branding dan promosi.