Menulis Artikel Mudah Tanpa Plagiat

Banyak cara menulis artikel mudah tetapi ada satu hal yang harus selalu diingat, yakni mengikuti etika menulis. Plagiat itu sangat dilarang dan sudah melanggar peraturan dan dianggap sudah tidak etis.

Maka jika Anda berminat menjadi penulis harus memahami betul tata cara penulisan. Supaya tulisan Anda tidak dilihat sebagai plagiarism. Seringkali terjadi seorang penulis terkena copyright padahal mereka tidak meniru karya orang lain.

Jika hal itu terjadi berarti secara tidak sadar kerangka yang Anda buat hampir mirip dengan karya hasil orang lain. Maka dari itu penting nya mengerti dan memahami format penulisan yang baik dan benar.

Tips Menulis Artikel Mudah Bebas Plagiat

Diingatkan kembali tips untuk menulis artikel yang mudah itu sudah biasa. Namun agar terlihat lebih luar biasa yaitu tidak melakukan peniruan atau copy paste dari karya orang lain. Berikut beberapa tips agar tidak terkena plagiarism.

  1. Mengerti Cara Pengutipan yang Benar

Jika melihat beberapa tulisan yang tersebar di google, terkadang ada beberapa artikel yang mengutip pendapat orang lain. Jika salah dalam pengutipan hal ini bisa menyebabkan tulisan Anda dilihat sebagai plagiat.

Perlu diingat ketika akan mengutip harus berasal dari sumber aslinya, lalu kata-kata harus di rubah atau sering mendengar istilah parafrase. Setelah itu tidak lupa juga selalu menyertakan sumber aslinya bisa berupa nama, website, atau sumber lainnya.

  1. Mengerti Cara Parafrase

Menulis artikel mudah bisa dilakukan ketika Anda dapat mengubah kata-kata dengan cepat dan profesional. Pada saat ini dapat di temui berbagai macam tools untuk parafrase tulisan secara otomatis.

Namun menggunakan tools bukanlah ide baik, sebaik nya Anda parafrase sendiri saja. Dengan cara membaca dan memahami terlebih dahulu sumber tulisan, lalu setelah itu tulis kembali menggunakan kata-kata Anda sendiri.

  1. Gunakan Bantuan Tools Penulisan

Jika tools parafrase tidak disarankan karena beberapa alasan. Namun kali ini ada tools yang sebaliknya, disarankan untuk digunakan untuk mempermudah meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Seperti alat pengecekan plagiat yang tersebar banyak di internet saat ini, tools ini bisa berupa website online atau aplikasi. Ada juga tools pengecekan kepadatan kata agar tidak terjadi pengulangan kata berlebih.

Tools seperti itu sangat membantu untuk meningkatkan kualitas tulisan dikarenakan mempermudah pekerjaan, terkadang penulis kesulitan jika harus melakukan pengecekan pada tulisannya secara manual.

  1. Mencari Gagasan Unik

Ide dan gagasan tulisan menjadi hal penting dalam hal plagiarism. Karena ketika ide yang ditulis sudah banyak ditulis juga oleh orang lain itu akan berpengaruh terhadap plagiat.

Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk mengedit tulisan agar tidak terlihat sama dengan tulisan-tulisan lainnya yang sejenis. Maka salah satu solusi dari masalah ini adalah menulis dengan gagasan dan ide menarik.

Selain menghindari plagiat gagasan yang unik dan menarik bisa menarik banyak pembaca. Penulis bisa dikatakan sukses menulis ketika tulisannya banyak di baca. Oleh karena itu lebih disarankan selalu mencari ide kreatif.

Berikut merupakan beberapa cara untuk menghindari plagiat, mengingat plagiat menjadi masalah utama dalam hal jasa penulisan artikel murah. Sehingga mempelajari cara menulis artikel mudah menjadi sangat berarti saat ini.