Membuat Website dengan Bootstrap dalam 4 Langkah Mudah

December 16, 2020 by No Comments

Membuat website dengan Bootstrap relatif lebih mudah dibandingkan framework lainnya. Bootstrap memang lama dikenal sebagai salah satu framework terbaik untuk pengembangan website. Terutama di bagian front-end yang berkaitan dengan kualitas tampilan situs dari sudut pandang pengguna. Bahasa yang menjadi basis pembuatan Bootstrap adalah CSS, salah satu bahasa desain terpopuler dalam web programming.

Boostrap sudah lama diandalkan oleh para developer website. Fiturnya yang lengkap dan syntax yang sederhana sangat memudahkan programmer dalam mengembangkan tampilan website kekinian. Dalam artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar pembuatan website menggunakan Bootstrap.

 

Cara Membuat Website dengan Bootstrap

 

  • Langkah Instalasi

Cara membuat website dengan Bootstrap diawali dengan proses instalasi. Anda bisa memilih salah satu mode instalasi : offline atau online. Untuk instalasi offline, kunjungi situs resmi Bootstrap di https://getbootstrap.com. Cari link download yang ada di situs tersebut. Anda akan mendapatkan file Zip yang berisi beberapa folder assets, fungsi, dan class. Salin folder tersebut ke project Anda agar dapat digunakan.

Sedangkan untuk instalasi online, Anda tidak harus mengunduh file dan menyalinnya ke folder project Anda. Cukup dengan memanggil file-file Bootstrap yang Anda butuhkan secara online menggunakan CDN secara langsung dari website Anda. Kekurangan dari fitur ini adalah penurunan kecepatan website karena proses pemanggilan pun memakan waktu beberapa saat.

 

  • Pengaturan Gambar

Membuat website dengan Bootstrap sangat memerlukan teknik pengaturan gambar. Bootstrap menyediakan banyak fitur untuk menampilkan gambar dalam berbagai gaya. Ini memudahkan desainer website untuk mengatur tampilan gambar tanpa harus melakukan editing secara manual. Dengan kata lain, gambar yang sama bisa ditampilkan dengan gaya-gaya berbeda menggunakan Bootstrap.

Contohnya adalah menampilkan gambar secara responsif menggunakan class “.img-responsive”. Class ini bertujuan untuk mengatur posisi dan ukuran gambar di berbagai ukuran layar secara otomatis. Class “.img-rounded” untuk menampilkan gambar dengan sudut lengkung dan class “.img-circle” untuk menampilkan gambar dalam bentuk lingkaran. Masih banyak gaya-gaya lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatur penampilan gambar dengan Bootstrap.

 

  • Pembuatan Tombol

Membuat website dengan Bootstrap juga sangat memerlukan pemahaman mengenai teknik pembuatan tombol. Bootstrap juga menyediakan banyak jenis tombol yang bisa dikustomisasi sesuai selera Anda. Tombol harus dipilih dengan seksama karena berhubungan dengan efektivitas Call To Action (CTA).

Beberapa tombol yang sering digunakan di Bootstrap antara lain :

  • .btn: Tombol standar berwarna abu-abu kehitaman
  • .btn-default: Tombol default berwarna abu-abu
  • .btn-primary: Tombol berwarna biru untuk Login, Submit, dan sebagainya

Selain ketiga tombol di atas, masih banyak jenis-jenis tombol lain yang tersedia di Bootstrap.

 

Membuat Website dengan Bootstrap dari Desain Sederhana

Langkah-langkah di atas adalah metode dasar dalam pembuatan website dengan menggunakan Bootstrap. Anda bisa melatih kemampuan Anda dalam menggunakan framework ini dengan rajin membuat project dan memanfaatkan setiap fitur yang tersedia. Berbagai tutorial pun tersaji dalam format pdf maupun video di YouTube. Terus kembangkan kemampuan Anda dalam membuat website dengan Bootstrap agar menghasilkan tampilan situs yang modern dan responsif sesuai standar.