Mengenal Jenis-jenis Investasi Reksa Dana Campuran Jenis-jenis Reksadana Campuran

December 19, 2022 by No Comments

Nama lain dari investasi reksa dana campuran adalah hybrid funds. Jenis investasi ini terdiri atas gabungan antara obligasi, pasar uang dan saham. Isi RDC atau reksa dana campuran adalah kombinasi dari efek utang atau obligasi dan efek ekuitas atau saham, tapi alokasinya tidak ada yang di atas 79%.

Isi Reksa Dana Campuran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa RDC terdiri atas gabungan dari obligasi, pasar uang, dan saham. Tiap-tiap alokasinya adalah kombinasi dari efek utang dan efek ekuitas.

Di samping itu, pada satu portofolio investasi reksa dana campuran ini, harus memiliki obligasi dan investasi saham.

Jadi, tidak boleh 90% berisi obligasi atau saham saja. Maksimal obligasi atau saham yang dimiliki adalah sebanyak 79%.

Jenis-jenis Reksadana Campuran

Sebagai investor, anda tentu saja harus mengetahui beberapa jenis reksa dana campuran, diantaranya :

1. Berimbang

Dalam hal ini, uang yang diinvestasikan nantinya dialokasikan ke dalam jenis reksa dana campuran ini sehingga lebih seimbang. Contohnya, apabila dana yang anda miliki dialokasikan ke dalam pasar, saham, dan obligasi. Maka porsi pengalokasiannya sama rata.

Jika profil resiko anda di tengah-tengah, yakni antara berani namun ingin menghindari maka dapat memilih investasi reksa dana campuran Berimbang.

2. Defensif

Jenis reksa dana campuran lainnya adalah defensif. Jenis ini mempunyai benefit lebih pasti. Uang anda nantinya akan dialokasikan ke dalam beberapa instrumen adalah pasar uang, saham dan surat utang yang pengalokasiannya tentu saja maksimal sebanyak 79%.

Melalui tingkat resiko yang minim, maka hasilnya sebanding dengan profit yang tidak terlalu tinggi.

3. Agresif

Investasi reksa dana agresif menawarkan tingkat resiko dan keuntungan sebanding. Dalam jenis reksa dana ini, uang anda nantinya dialokasikan sebanyak 70% ke dalam instrumen saham.

4. Dinamis

Jenis ini berpotensi menawarkan hasil maksimal. Namun tetap saja, harus benar-benar jeli memilih jenis perusahaan sekuritas. Sebab untung atau ruginya umumnya tergantung dari perusahaan tersebut.

Kenapa Memilih Reksa Dana Campuran?

Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang memiliki return optimal. Jenis reksa dana ini menawarkan banyak keuntungan pada investornya, terlebih bagi investor yang memiliki profil moderat.

Investasi jenis ini memiliki porsi saham naik turun, sehingga dapat dikatakan instrumen investasi ini biasanya lebih terprogram untuk berinvestasi. Sehingga sangat tepat bagi anda yang tertarik dengan investasi jangka panjang.

Reksa dana campuran juga tergolong aman. Investasi ini lebih aman jika dibandingkan investasi reksa dana saham atau saham. Selain itu, reksa dana campuran sudah terdiversifikasi sebab dana yang anda investasikan akan dialokasikan ke beberapa instrumen.