Desain Interior Rumah Minimalis dengan Mezzanine

Saat memiliki rumah minimalis, salah satu hal yang dikhawatirkan adalah tidak luasnya ruangan dan rumah terlihat sempit. Namun, jika Anda memiliki rumah tersebut, dengan kata lain bukan mengontrak, Anda bisa melakukan renovasi dan kemudian mengaplikasikan mezzanine untuk desain interior rumah minimalis.

Apa itu Mezzanine?

Mezzanine ini sendiri berasal dari kata mezzano yang dalam bahasa Italia berarti ruang tengah. Jadi, desain mezzanine ini didefinisikan sebagai ruang tambahan yang ada di antara lantai bawah dan plafon. Karena hal tersebut, syarat utama Anda mengaplikasikan desain ini adalah langit-langit rumah yang tinggi. Jika tidak, rumah Anda akan terlihat semakin sempit dan tidak bisa maksimal.

Setidaknya, plafon rumah Anda setinggi 5 meter. Namun hindari membuat desain mezzanine terlalu tinggi karena akan membahayakan orang yang tinggal di rumah tersebut. Apalagi jika tidak diimbangi dengan penggunaan bahan yang berkualitas.

Biasanya, mezzanine ini dikombinasikan dengan rumah dengan tema industrialis modern. Namun, tidak sedikit yang mengkombinasikannya dengan nuansa alam, seperti penggunaan kayu yang lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan besi.

Desain Interior Rumah Minimalis dengan Mezzanine

Desain Interior Rumah Minimalis dengan Mezzanine

Manfaat

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda mengaplikasikan konsep mezzanine, diantaranya adalah:

  1. Memiliki tempat tidur bernuansa minimalis.
  2. Ruang untuk keluarga sehingga Anda bisa memiliki tempat untuk berkumpul bersama dengan keluarga.
  3. Perpustakaan mini untuk Anda yang suka membaca. Anda hanya perlu menambahkan rak khusus untuk koleksi buku Anda.
  4. Ruang kerja dan tempat untuk meletakkan pekerjaan anda misalnya file.
  5. Ruang penyimpanan tambahan, misalnya untuk pakaian ataupun perlengkapan lainnya.

Konsep

Jika dilihat, mezzanine ini seperti rumah lantai 2. Namun, konsep ini bisa berlaku untuk 1 lantai saja. Caranya adalah dengan menambahkan bagian atas pada rumah. Misalnya untuk tempat tidur utama. Dengan begitu, bagian bawah bisa digunakan untuk keperluan lain. Seperti ruang tamu, dapur, ruang makan, perpustakaan ataupun ruang santai untuk streaming website untuk nonton film gratis.

Dalam mengaplikasikan konsep Mezzanine, penggunaan dan penempatan tangga adalah salah satu hal penting. Anda bisa menggunakan tangga fleksibel yang bisa diubah tata letaknya ataupun tangga fixed. Jenis tangga fleksibel misalnya bisa dilipat dan dibuka akan lebih cocok untuk rumah Anda yang ukurannya kecil.

Bahan Berkualitas

Untuk membuat agar bagian bawah dari konsep Mezzanine untuk desain interior rumah minimalis di hunian Anda, bahan yang digunakan harus berkualitas. Tidak harus terbuat dari besi, namun bahan tersebut haruslah kuat dalam menahan beban, misalnya baja ringan ataupun kayu.

Untuk penataannya dan pengaplikasiannya, Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda. Misalnya Anda ingin memiliki rumah dengan nuansa industrialis, maka Anda bisa menggunakan bahan yang mayoritas dari baja atau besi ringan. Sedangkan untuk nuansa alami, bisa menggunakan bahan kayu.

Dengan begitu, desain interior rumah minimalis menggunakan konsep mezzanine ini, bisa Anda miliki dan hunian Anda terlihat semakin keren.