Coaching vs Mentoring? Mana Yang Lebih Tepat

June 24, 2021 by No Comments

Saya yakin Anda pasti pernah dengar istilah coaching ataupun mentoring. Bahkan mungkin Anda juga sudah menggunakan atau melakukan prosesnya, hanya saja Anda tetap bingung dalam membedakannya dan muncullah pertanyaan di benak Anda “Apa sebenarnya perbedaan nyata dari kedua aktivitas tersebut?”

Memahami Istilah Coach & Mentor

Mari memulai terlebih dahulu dengan memahami istilah coach dan mentor. Ke dua Istilah tersebut mengacu pada orang yang melakukannya. Misalnya saja Coach adalah orang yang melakukan aktivitas coaching dan Mentor adalah orang yang melakukan aktivitas mentoring.

Jika ditinjau dari proses pelaksanaannya, mentoring adalah kegiatan belajar yang menghadirkan seorang ahli dalam bidangnya untuk membimbing suatu kelompok dalam rangka peningkatan soft skill maupun hard skill. Dengan catatan, skill yang dikembangkan lebih merujuk pada kemampuan kelompok maupun perorangan. 

Sedangkan definisi coaching dalam proses pelaksanaannya merupakan pendampingan yang dilakukan hanya pada satu individu tertentu, dengan tujuan individu tersebut bisa belajar banyak dan mendapatkan inspirasi dari coach atau pembimbingnya.

Pada proses coaching lebih ditekankan untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas seseorang secara pribadi dalam melakukan suatu pekerjaan, seperti halnya pada leadership coaching. Pelatihan akan mengantarkan individu dalam mencapai tujuan dengan menggali ide dan kreativitas.

Fokus Coach & Mentor 

Anda masih bingung tentang perbedaan kedua aktivitas tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut. Pada orientasi dan fokus dari mentoring lebih ditekankan pada kegiatan pendampingan. Hubungan ini bisa berlangsung jangka panjang antara sang mentor dan orang-orang yang tergabung dalam kelompok mentoring tersebut atau mentee. Misalnya saja pada mentoring bisnis, setelah kegiatan mentoring selesai nantinya pasti ada tindak lanjut yang memungkinkan hubungan antara mentor dan mentee berlangsung lebih lama.

Lalu bagaimana dengan coaching? Coaching lebih berfokus pada hasil yang mampu dicapai peserta setelah mengikuti pelatihan. Berbeda juga dengan mentoring yang fokus dan orientasinya adalah pada kegiatan pendampingan. Menjadikan coaching salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mencapai suatu tujuan untuk diri ataupun kehidupan Anda. Contohnya saja dalam ketika Anda ingin memulai membangun bisnis yang sukses. Untuk mendapatkan profit yang besar dan omset yang berlimpah, Anda memerlukan coach bisnis yang mampu memberi masukkan mengenai strategi bisnis, cashflow untuk bisnis, hingga cara membangun tim yang tepat. 

Coach Bisnis Nomor #1 di Indonesia

Sebut saja salah satu coach bisnis no #1 di Indonesia, Coach Tom. Sebagai salah satu Coach  yang berfokus dalam pengembangan bisnis, Coach Tom telah memiliki lebih dari 25.000 jam terbang memberikan pelatihan bisnis kepada UKM, SMB dan perusahaan Multinasional di Indonesia dan saat ini dipercayai oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara pelatihan bisnis. Coach Tom terdaftar resmi di CCF (Certified Coach Federation) and ICF (International Coaching Federation).

Sebagai peraih penghargaan Top 100 Best Coaching Company di dunia, Coach Tom adalah seorang pembelajar sejati yang selain mengadakan pelatihan bisnis, beliau seringkali berbagi ilmu bisnis melalui blog, social media dan media lain dengan lebih dari 400.000 followers. Bagi Anda yang masih kesulitan atau bingung dalam mengembangkan bisnis yang Anda miliki, Coach Tom menghadirkan berbagai pelatihan bisnis yang dapat membantu Anda dalam mencapai visi Anda. 

Coaching & Mentoring menjadi pilihan yang sama tepat, Anda bisa sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda saat ini. Segera miliki coach atau mentor untuk mendapat pembelajaran terbaik dari bidang yang Anda suka.