Cari Tahu Bentuk & Tips Menggunakan Webbing Sling

June 25, 2021 by No Comments

Webbing merupakan tenunan atau anyaman kain yang memiliki tingkat kekuatan tertentu. Biasanya webbing dibuat berbentuk pipih atau datar sekaligus berbentuk tabung yang memiliki ukuran lebar berbeda menyesuaikan tingkat kekuatan yang akan diaplikasikan terhadap webbing itu sendiri. 

Sementara itu, kita sering menjumpai webbing sling sebagai salah satu komponen yang digunakan dalam operasi lifting. Alat ini memiliki bagian ujung yang diberikan jahitan membentuk lingkaran.

Alat ini biasa sebut sebagai sling belt atau alat kait yang dijahit dalam bentuk lingkaran penuh supaya bisa dikaitkan pada benda tertentu untuk diangkat atau ditarik. Sling belt sendiri ialah alat pengganti dari wire rope sling atau disebut juga sebagai sling rantai untuk aplikasi pengikatan (lashing) maupun pengangkatan (lifting).

Mengenal Bentuk-Bentuk Webbing Sling 

Dalam aplikasinya sling belt memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya :

1. Eye Sling

Merupakan sejenis sling yang berbentuk sama seperti chain sling dan wire rope sling terdapat mata kait pada tiap-tiap ujungnya. Melalui mata kait inilah webbing bisa menggantikan fungsi chain sling dan wire rope sling untuk aplikasi lashing dan lifting.

2. Endless Sling

Adalah sejenis sling yang memiliki bentuk tidak berujung dan bisa diaplikasikan dalam pekerjaan lifting.

3. Round Webbing atau Round Sling

Jenis sling yang satu ini adalah yang bentuk jahitannya lingkaran atau melingkar lalu dibungkus menggunakan pembungkus berbahan serat sintetis sekaligus terbuat dari material yang serupa. Round sling bisa diaplikasikan sebagai pengganti chain sling atau wire rope sling sebab bentuknya yang dibuat melingkar sehingga bisa diterapkan untuk mengaitkan beban atau barang yang diikat maupun diangkat pada aplikasi lashing maupun lifting.

Tips Menggunakan Webbing Sling Supaya Lebih Aman

Agar penggunaan sling lebih aman saat aplikasi lifting dan lashing ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sling, diantaranya sebagai berikut :

1. Cek Kondisinya Sebelum Digunakan

Periksa terlebih dahulu kondisi pada webbing sebelum Anda menggunakannya. Hindari memakai sling yang rusak atau cacat di bagian tertentu. Walaupun sedikit saja yang rusak atau cacat, jika dibiarkan bisa berpotensi untuk menjatuhkan barang yang diangkat hingga membuat orang disekitarnya menjadi cedera bahkan bisa menyebabkan kematian. Di samping itu pula bisa mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada peralatan kerja yang digunakan.

Beberapa kerusakan pada webbing yang wajib dihindari ialah sling terpotong, adanya lubang hingga sobekan. Di samping itu, jangan memakai webbing yang ada jahitannya.

2. Pilih Sling yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Supaya aplikasi web sling benar-benar optimal untuk kebutuhan lifting terlebih dahulu pastikan berat beban yang akan diangkat menggunakan sling belt ini. Pada beban berkapasitas 17 ton biasanya diperlukan lifting sling yang memiliki beban angkat 20 ton. 

Apabila batas pemakaiannya melampaui kapasitas beban yang akan diangkat bisa berpotensi untuk merusak sling yang digunakan.

3. Memastikan Keamanan Beban yang Akan Diangkat

Pastikan pula keamanan beban yang akan diangkat oleh sling. Ini dilakukan agar mencegah kejadian yang tidak dikehendaki seperti terjatuh, tergelincir dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan pemasangan sling harus benar.

Beli Webbing Sling di Megajaya.co.id

Sumber : Megajaya.co.id

Kebutuhan akan komponen alat angkut seperti sling bagi beberapa industri berat memang sangat diperlukan. Oleh karena itu, dibutuhkan rekomendasi distributor yang menjual webbing sling terbaik. Megajaya.co.id hadir sebagai distributor resmi dari produk-produk sling terbaik. Cek produk selengkapnya disini!